Kapolres Tanjung Perak Hadiri Rapat Koordinasi Forkopimda Penanganan Covid-19

Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Surabaya – AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si. , M.H. Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak menghadiri rapat koordinasi Forkopimda Jatim tentang penanganan Covid-19 dihadiri sekitar 100 orang dari TNI – POLRI dan Unsur terkait Pemprov Jatim, dipimpin Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa. M.Si. (Gubernur Jawa Timur), dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Jawa Timur bertempat Hotel Wyndham Jl. Basuki Rahmat 63 – 73 Surabaya, Senin (14/12/2020) pukul 19:00 wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Laksma TNI Dr Nalendra selaku Penanggung Jawab RS Lapangan Indra Pura, Dr. dr. Kohar Hadi Santoso selaku ketua tim Tracing Gugus Tugas Covid-19 Jatim, dr Herlin Ferliana Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim dan Yanuar Rachmadi, S.Sos, MM selaku Kalaksa BPBD Jatim.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Kukuhkan Dai Kamtibmas, Kapolres : Ajak Masyarakat Dalam Menguatkan Kerukunan Bersama
banner 1920x1080

Dalam sambutannya, Khofifah menyampaikan, bahwa rapat koordinasi Forkopimda Jatim tentang penanganan Covid-19 merupakan ide dan gagasan Bapak Pangdam V/Brawijaya dan Kapolda Jatim dengan tujuan bersama – sama menghadapi Pandemi Covid -19 di Wilayah Jawa Timur.

“Pasien Covid-19 yang meninggal 30 % meninggal di UGD jadi dapat disimpulkan bahwa kalau meninggal di UGD adalah terlambat membawa pasien ke rumah sakit jadi kalau sudah parah baru dibawa ke rumah sakit,” kata Khofifah.

Apabila operasi Yustisi tidak menjerahkan maka akan longgar lagi jadi masyarakat harus benar-bener jerah terkait Operasi Yustisi yang dilaksanakan Pihak Kepolisian dan Pemerintah Daerah serta dalam pelaksanaannya dibantu oleh TNI.

“Belajar dari pengalaman di Jawa Timur, Pasca Libur panjang seringkali muncul tren kenaikan kasus apabila lengah kepada protokol kesehatan, oleh karena itu libur panjang di akhir 2020 harus diwaspadai bersama,” ungkap Khofifah.

Berita Menarik Lainnya:  Kepedulian Kapolres Tanjung Perak, Diwujudkan Bersih-Bersih Pesisir Kenjeran dan Pembagian Sembako

Perlu peningkatan Promotif Preventif yaitu dengan cara harus Disiplin (Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, Jaga imunitas dan protokol kesehatan), Edukasi (Oleh Tokoh agama, Tomas dan semua media wajib menyuarakan, Sanksi (Bagi mereka yang menyuarakan Hoaks terkait Covid-19) dan Isolasi (Test Massal, patroli puskesmas, Babinsa dan Babinkamtibmas, Sarana isolasi memadai, penerapan isolasi WHO)

“Pemerintah Prov. Jatim pernah sukses menangani dan mengendalikan Pandemi Covid-19 yaitu di bulan Oktober dan November 2020 yaitu penurunan sangat signifikan bahkan kasur RS Covid-19 sempat kosong dibeberapa RS yang ada di Jawa Timur, namun saat ini meningkat kembali bahkan dari semua rumah sakit mencapai 60 %,” jelas Khofifah.

Kedatangan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, dalam Rakor ini adalah untuk mengetahui apa yang seharusnya dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

Berita Menarik Lainnya:  Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Berhasil Menggulung 14 Tersangka Sabung Ayam

Menurut Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis semua harus paham musuh baru saat ini harus bisa melawan atau berperang dengan virus Covid-19.

“Bahwa virus Covid-19 menular dan sistem penularannya dengan Droplet Containing Virus bagi yang sudah terkontaminasi Covid-19 tersebut ada yang dengan gejala serta ada yang tanpa gejala,” terang AKBP Ganis.

Kegiatan Rapat Koordinasi dalam rangka upaya bersama-sama dalam percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Jawa Timur yang saat mulai peningkatan kembali, dengan tujuan bersama-sama menghadapi Pandemi Covid -19 di Wilayah Jawa Timur.

“Tentunya kita akan bersama-sama instansi terkait melakukan berbagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 ini,” imbuh AKBP Ganis.

Rapat Koordinasi Forkopimda Jatim Tentang Penanganan Covid-19 selesai selama kegiatan berjalan dengan tertib dan aman.

banner 600x310

Pos terkait