DKJT Selenggarakan Pameran Keris, Di Taman Budaya Jawa Timur

Silahkan Share ke :

Surabaya, Beritabangsa.com – Pameran pelestarian keris yang digelar bekerjasama dengan para komunitas di seluruh Jawa Timur, telah diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Jawa Timur, Selasa (01/11/2020).

Dengan tema Jatim Art Form, berharap mampu meningkatkan nilai kesenian dan kebudayaan yang ada di Indonesia.
Termasuk mengenalkan kepada masyarakat umum yang telah lupa dengan nilai budaya peninggalan para leluhur, dan memang benar yang terjadi adalah hilangnya seni budaya Indonesia.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  3 Kecamatan di Bondowoso Ini Masuk Kategori Miskin Ekstrem
banner 1920x1080

Nono dalam sambutanya juga menuturkan, bahwasanya budaya lestari keris adalah contoh budidaya yang luhur, dan sebagai Ketua Dewan kesenian Jawa Timur, siap memfalisitasi pembudayaan keris.

“Sekaligus memberikan sertifikat kepada empu keris termuda dari Sumenep Jawa Timur atas nama Rizki dengan usia 13 tahun, berupa sertifikat yang bertuliskan aksara jawa.” kata Nono.

Taufik monyong selaku ketua penyelenggara kegiatan sekaligus presidium ketua kordinator menambahkan, pameran keris ini juga termasuk mengenang, menjaga, dan melestarikan peninggalan para leluhur terdahulu, dan bukan hanya keris saja yang akan dipamerkan dalam acara tersebut.

Berita Menarik Lainnya:  Gerakan Adaptasi Kebiasaan Baru, Tempat Cuci Tangan Bertebaran di Alun-alun Bondowoso

“Termasuk benda – benda pusaka yang lain, juga tampak dalam acara pameran tersebut.” tambahnya

Salah satu peserta pameran, Agus keris selaku kolektor pusaka juga menuturkan, dalam acara tersebut saya juga akan memamerkan beberapa keris pusaka.

“Seperti jenis keris junjung derajat yang lagi digandrungi oleh para pecinta keris.” tuturnya.

Dalam acara yang bertempatkan di cak Durasim Surabaya tampak juga beberapa empu (Pembuat Keris) dari luar kota, diantaranya ada yang dari Malang, Pasuruan, Lumajang, Madura, Jawa Tengah, Jakarta, dan kota-kota lainya. Mulai dari membuat warangka (sarung keris), hingga melakukan pemijatan dengan bahan-bahan khusus juga di praktekan diacara tersebut.

Berita Menarik Lainnya:  Ucapkan Selamat Secara Virtual, Kapolri : Semoga Di Harlah ke-45 Ponpes Nurut Taqwa Melahirkan Generasi Pemersatu Bangsa

“Adapun acara pameran keris ini, dimulai pada tanggal 1 Desember 2020 hingga 03 Desember 2020. Dengan harapan masyarakat Surabaya dapat mengenang kembali seni budaya peninggalan para leluhur.” pungkasnya.

 

 

Reporter : Umar

banner 600x310

Pos terkait