Dikbud Bondowoso Gelar Pertunjukan Seni dan Budaya Secara Virtual

Bondowoso, Beritabangsa.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bondowoso mengangkat cerita legenda desa blimbing saat tampil secara virtual di pagelaran kesenian daerah anjungan Jawa Timur. Acara tahunan ini biasanya digelar di Taman Mini Indonesia Indah. Namun, karena situasi pandemi Covid-19, gelaran pertunjukan seni dan budaya ini digelar secara virtual.

Plt Kepala Dikbud Bondowoso Haeriyah menjelaskan, diangkatkannya legenda Desa Blimbing di tahun ini sebagai upaya penambah wawasan budaya Bondowoso. Legenda Desa Blimbing dinilai penting diangkat karena merupakan cikal bakal dari ikonis singo ulung yang selama ini amat lekat dengan Kabupaten Bondowoso.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Bupati Salwa Minta Dukungan Pengembangan Ijen Geopark Saat Bertemu Menteri PPN
banner 1920x1080

“Karana selama ini orang kenal Bondowoso dengan singo ulungnya. Singo ulung sangat kental dengan Desa Blimbing,” terang Haeriyah usai acara di Kantor Dikbud Bondowoso, Minggu (4/10/2020).

Legenda yang menceritakan asal berdirinya Desa Blimbing Kecamatan Klabang tersebut dikemas dengan pertunjukan wayang koran. Disamping juga menampilkan kesenian tarian dan drama untuk menggambarkan kehidupan kala itu.

Berita Menarik Lainnya:  Jumlah Kehamilan Baru di Kabupaten Bondowoso Menurun di Masa Pandemi

Melalui pertunjukan tersebut, Haeriyah ingin mengenalkan bahwa Bondowoso kaya akan seni dan budaya. Ia ingin agar seluruh warga Indonesia tau.

“Pengenalan budaya ini agar masyarakat luas mengnal budaya Bondowoso. Kita berhadap budaya Bondowoso dikenal oleh Indonesia,” harapnya.

Melalui pergelaran legenda Desa Blimbing, Dikbud juga melakukan promosi wisata dan produk unggulan Bondowoso dengan melakukan sedikit improvisasi pada alur cerita. Menurutnya, hal itu dilakukan guna mendongkrak minat masyarakat untuk datang ke Bondowoso.

Berita Menarik Lainnya:  Alami Lonjakan Dalam Satu RT, Wabup Irwan Minta Lakukan Lockdown Total

“Itu promo UMKM Karana selain kaya biudaya kita juga miliki keunggulan di bidang produk unggulan seperti kopi dan tape. Ini bisa menjadi daya tarik wisata dari luar Bondowoso. Sehingga kunjungan wisata dapat meningkat,” pungkasnya.

 

Reporter : Muslim

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *