BPBD Jatim Ajak Komunitas Disabilitas Jatim Sosialisasi Covid-19

Beritabangsa.com – BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jatim (Jawa Timur) bersinergi dengan mengajak komunitas disabilitas Jatim selama PPKM jilid II.

BPBD Jatim dan DPD Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) Jatim serta Disabilitas Motorcycle Indonesia (DMI) Jatim, bersinergi melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 melalui seribu masker.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  15 Positif Covid-19, Khofifah: 13 Ada di Surabaya
banner 1920x1080

“Kami berterima kasih atas kepercayaan BPBD Jatim kepada komunitas untuk terlibatnya dalam kegiatan pengurangan resiko bencana, khususnya pandemi Covid-19,” kata Maskurun Yuyun ketua DPD Gerkatin, jum’at (29/1/21).

“Selama ini komunitasnya kerap hanya diposisikan sebagai obyek, bukan subyek, dan penyandang tuna daksa juga punya kemampuan untuk berkontribusi dalam berbagai hal,” ungkap Abdul Syukur ketua DMI Jatim.

Dengan menggandeng berbagai komunitas adalah bentuk penguatan dari keterlibatan unsur pentahelix, sebab dalam penanganan bencana termasuk pandemi Covid-19, tidak bisa hanya diserahkan kepada pemerintah saja.

Berita Menarik Lainnya:  Ritual di Laut Selatan, 11 Orang Tewas

Tetapi butuh keterlibatan unsur pentahelix, yang salah satunya, berbagai komunitas di masyarakat, seperti, akademisi, media dan komunitas disabilitas, juga transgender.

“Kalau di Malang, kita bagi-bagi masker di jalan Ijen. Kalau di Sidoarjo di Karangbong, dan di Kediri kita fokus di Pasar Pahing dan Desa Tanjung. Kami berharap sinergi ini bisa terus berlanjut di masa mendatang,” harap penyandang tuna rungu ini.

Berita Menarik Lainnya:  KSEI IAIN Jember Bersama IZI Jatim Bagikan Sembako Pada Warga Terdampak Covid-19

Bersama pengurus dan anggota Gerkatin, melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19, serta melakukan bagi-bagi masker kepada anggota dan masyarakat umum.

“Kita juga sudah melibatkan komunitas lain seperti, relawan FPRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) dan LPBI NU,” tutur mewakili Plt Kalaksa BPBD Jatim.

Harapannya dengan pelibatan berbagai komunitas di masyarakat ini, angka penyebaran Covid-19 bisa turun sebagaimana tujuan diberlakukannya PPKM.

Reporter : Maab
Publisher : Ali Wafa

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *