Bermodalkan Rekaman CCTV, Pelaku Maling Helm di Kecrek Polisi

Surabaya, Beritabangsa.com – Pemuda berinisial RDP (27) warga Jalan Mulyorejo Tengah 63 Surabaya, pelaku pencurian helm yang terekam CCTV dan sempat viral di media sosial, kini sudah diamankan Tim Opsnal Polsek Sukolilo, Polrestabes Surabaya.

Dalam aksinya pelaku ini dibilang spesialis, karena dalam satu hari bisa menggasak sampai 4 (empat) helm.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Berdasarkan laporan pada 26 November 2020 dengan nomer LP-B/82/XI/Res.1.8./2020/reskrim/surabaya/spkt, Polsek Sukolilo, langsung menindak lanjuti dengan mengumpulkan alat bukti berupa rekaman CCTV.

Awal mula adanya laporan dari masyarakat, tentang pencurian helm yang kerap terjadi, petugas dari opsnal langsung gerak cepat untuk mendatangi tempat kejadian perkara (TKP).

Berita Menarik Lainnya:  Mengenang Kepergian Kiai Panutan, KH Achmad Shofwan

“Saat itu petugas mendapati petunjuk dari TKP yang terpasang CCTV dan aksi tersebut terekam. Lantas kita melakukan pendalaman untuk pengungkapan,” Kata Kanit Reskrim Polsek Sukolilo Iptu Zainal Abidin, Kamis (03/12/2020).

Lanjut Iptu Abidin, dari hasil penyelidikan dan anggota sudah mengantongi ciri-ciri pelaku, anggota mengarah ke pelaku yang diketahui berinisial RDP ini. Lalu pada akhirnya petugas berhasil mengamankan pelaku di Warkop Srikana Surabaya..

“Pelaku tak bisa berkutik saat ditangkap anggota kami, karena pada saat itu kepergok akan menjual barang hasil curian tersebut,” Imbuhnya

Dari hasil pengakuannya, pelaku mengakui semua perbuatannya, dan pada saat beraksi pelaku memilih sasaran helm yang bermerk, dengan tempat parkiran yang sepi.

Berita Menarik Lainnya:  Efektifkan PPKM Darurat, TNI Aktifkan Kembali Kampung Tangguh

“Helm yang dicari adalah helm yang memiliki nilai jual tinggi dengan merk tertentu seperti KYT, INK, dan Cargloss, dan sasarannya pada tempat parkiran yang sepi,” lanjutnya.

Menurut Iptu Zainal Abidin, dari pengakuan tempat yang pernah dijadikan sasaranya seperti AW restoran di Jalan Nginden Surabaya, Jalan Barata Jaya Surabaya, dan Dominion Store di Jalan Pucang Adi Surabaya.

“Ia sering beraksi di Minimarket, Cafe dan Warkop, meskipun terpasang CCTV pelaku ini tetap melakukan aksinya mengunakan penutup wajah,” tuturnya

Ditambahkan Zainul Abidin, dalam satu hari pelaku bisa mengambil sampai empat helm di lokasi yang berbeda-beda, dan menurut keterangan pelaku dalam kurun satu bulan hasil yang diperoleh mencapai Rp.11.000.000,- (Sebelas juta ribu rupiah).

Berita Menarik Lainnya:  Oknum Muadzin Surabaya Nekat Mencabuli Anak Dibawah Umur

“Pelaku ini dibilang spesialis, karena dari pengakuannya dalam satu hari melakukan aksinnya sampai empat kali, dan uang hasilnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk judi online,” jelasnya.

Adapun barang bukti yang diamankan dari tangan pelaku yakni berupa, 1 (satu) unit sepeda motor Mio Soul warna merah hitam bernopol L 5434 JH sebagai sarana, 1 (satu) buah helm Merk Cargloss warna putih tulang, dan 1 (satu) buah helm Merk INK warna biru.

“Atas perbuatan pelaku ini, kami jerat dengan pasal 363 KUHPidana, tentang pencurian dengan pemberatan.” pungkasnya.

 

 

Reporter : Umar

 

 

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *