Sekda Bondowoso Minta Hentikan Sementara Distribusi Pupuk Bersubsidi ke Wilayah Ijen

Bondowoso, Beritabangsa.com – Sekretaris Daerah Syaifullah, usai memimpin rapat perihal pupuk di Aula Dinas Pertanian, mengatakan, Pemerintah agar menghentikan sementara distribusi pupuk bersubsidi ke wilayah Kecamatan Ijen.

Karena menurut Sekda, luasan lahan masing-masing petani di kawasan tersebut masih belum diketahui secara pasti.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Sekda Bondowoso Bantah Kotak Amal Bukan Pungli
banner 1920x1080

Nah, yang belum dikerjakan oleh Perhutani itu adalah masing-masing orang berapa lahan. Ketentuannya, masing-masing orang maksimal adalah 2 hektar, dan itu harus KTP di desa itu. Sampai saat ini belum. Sebelum ini ada keputusan, saya tidak akan pernah berani kirim pupuk ke Ijen,” paparnya.

Lanjut sekda, pupuk bersubsidi di kawasan Kecamatan Ijen itu sebenarnya diperbolehkan manakala digunakan untuk pertanian yang memanfaatkan sela-sela pohon dan dikelola oleh masyarakat.

Berita Menarik Lainnya:  Sekda Bondowoso: Pemdes Harus Percepat Pencairan BLT-DD

Akan tetapi jika tanaman tersebut milik perhutani barulah tak diperkenankan menggunakan pupuk bersubsidi,” jelasnya.

Ditanya perihal masih adanya keluhan mahalnya pupuk, Sekda Syaifullah menerangkan, langkanya lupuk ini terjadi karena ada pengurangan. Kemudian, juga ditengarai ada penjualan di atas harga dan ke luar daerah.

Saya mendorong penegak hukum betul-betul tegas terhadap ini.  Saya mendukung langkah-langkah Polres, karena harus diberikan terapi betik agar tak memainkan,” ujarnya.

Berita Menarik Lainnya:  Sandiaga Uno Menparekraf RI Dukung Pelaku Ekonomi Kreatif

Di Bondowoso sendiri, kata Sekda Syaifullah, mendapat jatah sekitar 21ribu ton pupuk bersubsidi. Dengan rincian yakni pengurangan 50 persen dari jatah tahun lalu, menjadi 18 ribu ton.

Ditambah dengan revisi RDKK sekitar 2.800 ton. Adapun harga sebagaimana HET untuk urea bersubsidi yakni Rp 1.800 per kilogram,” pungkasnya.

Reporter : Muslim

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *