Plt Bupati Probolinggo Imbau Kades Prioritaskan Implementasi RPJMDES

Pelantikan 249 kepala desa terpilih, dipimpin Plt Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko pada Rabu, (13/04/2022)
Pelantikan 249 kepala desa terpilih, dipimpin Plt Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko pada Rabu, (13/04/2022)
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-PROBOLINGGO- Sebanyak 249 kepala desa terpilih di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur dilantik pada Rabu (13/04/2022).

Dipimpin Plt Bupati Probolinggo, HA. Timbul Prihanjoko, kades diimbau untuk memprioritaskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES).

Bacaan Lainnya

Plt Bupati Probolinggo menekankan kepada kepala desa yang baru saja dilantik, segera menyelesaikan RPJMDES agar kinerja kepala desa lebih efisien.

Berita Menarik Lainnya:  Jimmy Liechen Awali Karir MC dengan Konsep Berbeda

“Saya harap RPJMDES segera diselamatkan maksimal tiga bulan sejak tanggal pelantikan ini,” tegas kader PDI Perjuangan ini saat melantik Kades di Gedung Islamic Centre (GIC), Kraksaan Kabupaten Probolinggo.

Pihaknya juga meminta kepala desa tidak lagi membedakan warganya dan menghilangkan sekat pendukung dan bukan pendukung dalam pandangan kepala desa terpilih.

Usai dilantik kades dan pendukung tidak diperkenankan melakukan konvoi kendaraan, agar suasana tidak kembali memanas.

Ads

Ia pun menegaskan perubahan regulasi tidak lagi menempatkan desa sebagai objek pembangunan, melainkan sebagai subjek pembangunan telah memberikan ruang yang lebih luas bagi desa untuk mengelola desanya sendiri.

“Oleh karena itu kepala desa dituntut untuk bisa menggali dan menilai potensi (untuk dikembangkan-red) yang dimiliki oleh desa,” tegasnya.

Berita Menarik Lainnya:  Hari I Masuk Kerja Bupati dan Wakil Bupati Asahan Sidak ke Sejumlah OPD

Kepala desa juga diharap bisa mengkoordinasikan dan bersinergi dalam program dengan pemerintah sehingga tumpang tindih program bisa dihindari dan bisa memaksimalkan hasil dari program tersebut

Ads

Selain itu, Timbul menekankan agar bantuan untuk masyarakat miskin benar-benar diperhatikan dan harus tepat sasaran.

“Bantuan itu untuk masyarakat miskin, bukan untuk keluarga kepala desa ataupun aparat desa. Tanggung jawab nafkah keluarga jangan dibebankan kepada pemerintah,” pungkasnya.

Kepala Desa Kalisalam, Kecamatan Dringu, Mattali mengatakan, pelantikan bukan hal yang final. Artinya, tugas baru saja dimulai untuk mengemban amanah demi kesejahteraan rakyat.

“Ini masih awal, tentunya ke depan harus siap mengemban tugas demi menciptakan desa berkualitas dan pembangunan yang berkelanjutan,” ucap Mattali.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800