Peringatan Detik-Detik Proklamasi, Wali Kota Probolinggo Pacu Kebersamaan

upacara hut ke-77 ri di probolinggo
HUT ke-77 RI, Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin bersama Forkopimda saat detik-detik Proklamasi
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-PROBOLINGGO- Upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, ini berbeda dari biasanya.

Kali ini warga Kota Probolinggo mengikuti detik-detik Proklamasi bersama Wali Kota di Bundaran Glaser – ikon Kota Probolinggo.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Bundaran glaser di Jalan Mastrip Kelurahan/Kecamatan Kanigaran itu, merupakan ikonik Kota Probolinggo. Berbagai event digelar, termasuk detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Dipimpin Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin,Forkopimda juga turut hadir. Termasuk sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), bahkan warga di sekitar juga ikut hormat, Rabu (17/08/2022).

Berita Menarik Lainnya:  Persiapan Penilaian Sakip, Bupati Salwa Gelar Rakor dengan Sejumlah OPD dan Camat

Suasana khidmat makin terasa, tepat pukul 10.00 WIB, Habib Hadi sapaan akrab Wali Kota dan Forkopimda tampak hormat kepada merah putih.

Kondisi itu makin terasa ketika tiap penjuru jalan ditutup oleh petugas gabungan TNI/Polri. Hal itu, membuat sejumlah pengendara jalan dan masyarakat ikut hormat.

HUT ke-77 RI, Momentum Bersatu Tingkatkan Perekonomian

Upaca Detik-Detik Proklamasi di Kota Probolinggo 17 Agustus 2022
Upaca Detik-Detik Proklamasi di Kota Probolinggo 17 Agustus 2022

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi mengajak seluruh masyarakat untuk mengingat dan memahami kegigihan perjuangan para pahlawan dan pendahulu. Agar menjadi niat dan tujuan bersama bangsa Indonesia.

“Di bawah bendera merah putih, kita harus bersatu padu, bersama-sama jangan sampai mudah terpecah belah. Sehingga melalui kebersamaan itu, kita membangun Bangsa Indonesia,” jelasnya.

Pihaknya juga mengapresiasi masyarakat yang mengikuti detik-detik Proklamasi. Baginya, ini bukti bahwa masyarakat Kota Probolinggo kompak dan punya niatan bersama-sama membangun Kota Probolinggo.

Berita Menarik Lainnya:  Kota Probolinggo dan Helsingborg Bahas Prospek Kerjasama

Sementara itu, salah satu warga yang melintas dan ikut detik-detik proklamasi, mengaku begitu tersentuh. Hal itu, lantaran 2 tahun terakhir sejak pandemi tengah ganasnya ia banyak berdiam di rumah.

“Momentum ini sangat berharga, bisa melihat dan ikut langsung detik-detik proklamasi, tentunya ini membuat rasa nasionalisme kita semakin kuat,” ucapnya.

Bahkan sebagai bentuk upaya bersama untuk gotong-royong bangkitnya perekonomian bangsa. Harapannya, dengan meningkatnya rasa cinta tanah air meningkat pula perekonomian di Kota Probolinggo.

Sedikitnya, 77 bendera merah putih juga dikibarkan oleh penegak pramuka. Bundaran glaser, menjadi saksi 77 bendera merah putih itu berjejer melingkar.

Sebelum detik-detik proklamasi, Pemkot Probolinggo beserta Forkopimda pagi harinya menggelar upacara di Alun-alun.

Berita Menarik Lainnya:  4 Tahun Pimpin Jombang, Mundjidah-Sumrambah Apresiasi Semua Pihak

Pada upacara ini didorong menjadi momentum bangkitnya ekonomi sesuai tema HUT ke-77 RI yakni “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

Sektor ekonomi jadi point penting pasca pandemi. Kata Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, PDRB Kota Probolinggo 2021 naik dibanding 2020.

Selama periode 2020-2021 terjadi pertumbuhan ekonomi positif sebesar 4,06 persen, jauh lebih tinggi jika dibandingkan terkair pertumbuhan ekonomi tahun sebelumnya yang sempat terkontraksi minus 3,64 persen.

“Pertumbuhan ekonomi tertinggi dicapai transportasi dan pergudangan 8,85 persen, 17 lapangan usaha ekonomi, dan 15 lapangan usaha tumbuh positif. Di mana ada 5 lapangan usaha tumbuh positif 5 persen dan 1 lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan negatif,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280