Pansus DPR Asahan Sampaikan Hasil Pembahasan LKPJ Bupati

DPRD Kabupaten Asahan kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda laporan panitia khusus (Pansus)
DPRD Kabupaten Asahan kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda laporan panitia khusus (Pansus)
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-ASAHAN- DPRD Kabupaten Asahan kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda laporan panitia khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Asahan terhadap hasil pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Asahan TA 2021.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD H Baharuddin Harahap, dihadiri Bupati H Surya, BSc, pimpinan anggota DPRD, Sekretaris Dewan serta OPD terkait.

Bacaan Lainnya

Anggota Pansus DPRD, Jansen Hisar Hutasoit, SH menyampaikan hasil Pansus yang dibahas 16 anggotanya yang diketuai Drs Syaddad Nasution, diharapkan hasilnya a bisa bermanfaat untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Asahan ke depan.

Berita Menarik Lainnya:  Cegah Penyebaran Corona, Bupati Salwa: Jaga Kesehatan dan Pola Hidup

Dalam jabarannya, nota LKPJ Bupati Akhir TA 2021 bahwasannya LKPJ itu terdiri atas tiga bagian diantaranya, Visi dan Misi, Gambaran Pengelolaan Keuangan Daerah dan Gambaran Capaian Kinerja Program Pembangunan.

Kegiatan itu bisa berhasil atau tidak, tentu sangat membutuhkan sebuah diskusi dan penjelasan-penjelasan, maka dibentuklah Pansus LKPJ.

“Pansus inilah yang kemudian membaca dan meneliti secara internal dan eksternal untuk sampai kepada kesimpulan apakah program atau kegiatan bisa dikatakan berhasil atau tidak,” tandasnya, Rabu (11/05/2022).

Ads

Hasil pembahasan Pansus terhadap LKPJ Bupati Asahan tentang Kondisi Ekonomi Makro yang disajikan berdasarkan angka proyeksi mengalami peningkatan dari tahun 2020 sebesar 3, 51% yaitu dari 0,21% menjadi 3, 73% di 2021.

Berita Menarik Lainnya:  RS Kogabwilhan II Indrapura Ditutup, Relawan Pendamping Undur Diri

Demikian pula dengan sejumlah indikator makro lainnya juga mengalami peningkatan seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 70,29% di 2020 menjadi 70,49% di 2021, tingkat pengangguran terbuka menunjukkan grafik positif dari 7,24% di 2020 menjadi 6,39% di 2021.

Ads

Sementara itu dari struktur anggaran, jelas jansen kendati tidak mencapai target 100% bagian pendapatan daerah, Pansus masih memberikan apresiasi atas capaian Pendapatan Daerah secara umum yakni 96, 06%, terlebih dimasa pandemi covid 19 saat ini.

Jansen juga menyampaikan bahwa segenap kritik, catatan, saran dan rekomendasi terkait LKPJ Bupati Asahan TA 2021 yang telah disampaikan sesungguhnya merupakan upaya yang dilandasi niat yang tulus agar perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah dalam tataran kebijakan maupun teknis operasional meliputi bidang penyelenggaraan administrasi publik, manajemen keuangan daerah, aspek tata kelola pemerintahan yang baik serta peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan publik agar diakomodir dalam penyusunan RKPD tahun berikutnya.

Berita Menarik Lainnya:  Safari Ramadan 1443 H Pemkab Bojonegoro Penuh Makna dan Berkah

Sementara itu Bupati Asahan atas nama Pemkab Asahan berterima kasih kepada pimpinan, anggota DPRD dan Pansus atas pembahasan LKPJ 2021, semoga rekomendasi yang dihasilkan dapat jadi acuan OPD dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program kegiatan pembangunan ke depan.

“ Kami menyadari bahwa rekomendasi DPRD Asahan adalah masukan yang berarti bagi Pemkab Asahan untuk ditindaklanjuti dalam perbaikan kinerja di masa akan datang” pungkas Bupati.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800