Bupati Asahan Tinjau Penyuntikan Vaksin PMK

Vaksin PMK
Bupati Asahan saat memantau berjalannya vaksinasi PMK kepada Hewan Ternak
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-ASAHAN- Upaya penanggulangan penyakit mulut dan kuku (PMK), oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kabupaten Asahan, melalui vaksinasi massal tahap I digelar selama 2 hari sejak 18 hingga 19 Juli 2022.

Lokasi penyuntikan vaksinasi PMK ini dilakukan di 5 desa di Kecamatan Air Batu yakni Desa Air Teluk Kiri, Desa Air Genting, Desa Hessa Air Genting, Desa Danau Sijabut dan Desa Hessa Perlompongan.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Bupati Asahan Lantik Dewan Hakim MTQN ke-53
banner 1920x1080

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan, Yusnani di hadapan Bupati Asahan di halaman Rumah Warga Desa Air Teluk Kiri, Senin (18/07/2022).

Selanjutnya Yusnani melaporkan, jumlah ternak yang akan divaksin aftopor sebanyak 400 ekor sesuai jumlah vaksin yang diterima sebanyak 400 dosis dari Kementerian Pertanian melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara, pada Kamis 14 Juli 2022 di Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan.

“Untuk petugas yang akan melaksanakan kegiatan adalah medik dan paramedik veteriner Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sebanyak 27 orang yang terdiri dari 5 orang medik veteriner dan 22 orang paramedik veteriner yang dibagi dalam dua tim,” ucap Yusnani.

Berita Menarik Lainnya:  Pemkab Asahan Sampaikan LPJ APBD TA 2021

Di tempat yang sama Bupati Asahan H Surya, mengaku bersyukur untuk tahap pertama ini Kabupaten Asahan mendapat kuota 400 dosis vaksin PMK.

Adapun kriteria ternak sapi yang layak divaksin adalah sapi sehat pada daerah yang masih rendah tingkat infeksinya. Setelah dilakukan skrining maka Kecamatan Air Batu memenuhi syarat untuk vaksinasi tahap I sesuai dosis yang tersedia.

Bupati mengatakan, untuk vaksinasi tahap selanjutnya masih menunggu distribusi vaksin dari Kementerian Pertanian melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara.

Berita Menarik Lainnya:  Dua Murid ARTV School Ngevlog di Mang Engking

Bagi masyarakat peternak yang belum mendapat jatah vaksin pada tahap I ini diminta bersabar karena Pemda berusaha untuk mendapatkan kuota sesuai kebutuhan daerah.

Di kesempatan ini Bupati Asahan bersama dengan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Kominfo Kabupaten Asahan, Kasat Pol PP Kabupaten Asahan, Kadis Perhubungan Kabupaten Asahan, Kadis Pertanian Kabupaten Asahan, Kepala Kesbangpol Kabupaten Asahan, Unsur Forkopimcam Air Batu dan tamu undangan lainnya melihat proses penyuntikan vaksin kepada hewan ternak.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait