Bersama Bupati Sidoarjo, Menteri KKP Panen Rumput Laut Lalu Canangkan Desa Kupang Jabon Jadi Kampung Budidaya Rumput Laut

Menteri KKP
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono bersama Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor panen rumput laut di kawasan Jabon. Sekaligus mencanangkan Kampung Perikanan Budidaya Rumput Laut di Dusun Tanjungsari, Desa Kupang kecamatan Jabon Sidoarjo.
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SIDOARJO – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono bersama Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor panen rumput laut di kawasan Jabon. Kunjungan Menteri KKP ke Sidoarjo itu sekaligus dalam rangka mencanangkan Kampung Perikanan Budidaya Rumput Laut di Dusun Tanjungsari, Desa Kupang kecamatan Jabon, Rabu (20/04/2022).

Kampung rumput laut di kawasan Jabon memiliki luasan areal polikultur sekitar 750 hektare yang dijalankan oleh 167 pelaku utama Rumah Tangga Pembudidaya (RTP). Di dalamnya juga terdapat kegiatan budidaya bandeng dan udang.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Menjadi Bintang Film Bersama ARTV School
banner 1024x1366

Pencanangan kampung budidaya rumput laut yang merupakan program terobosan KKP ini diyakni dapat mendukung optimalisasi peningkatan kesejahteraan masyarakat pembudidaya di daerah.

“Saya datang ke Sidoarjo di tempat budidaya rumput laut Gracilaria yang rencananya akan kita jadikan suatu model (budidaya) yang tujuan nya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” ujar Menteri KKP Trenggono di Tanjung Sari Jabon Sidoarjo

Berita Menarik Lainnya:  Polsek Asemrowo Surabaya Giat Pengamanan UNRAS, Karyawan Hotel Podo Seneng Perdana

Komoditas unggulannya yaitu jenis Gracilaria sp. atau rumput laut merah yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk keperluan industri modern baik itu di bidang pangan maupun nonpangan.

Total produksi rumput laut di sana mencapai 200 – 500 ton per bulan dengan harga jual kurang lebih Rp6.000/kg. Perputaran ekonomi budidaya rumput laut di Jabon sekitar Rp. 1,2 – 3 miliar per bulan.

Berita Menarik Lainnya:  AKD DPRD Kota Probolinggo Dikocok Ulang

Dengan mengusung konsep corporate farming, pencanangan Kampung Budidaya Rumput Laut di Kecamatan Jabon ditargetkan menjadi pemicu tumbuhnya kegiatan ekonomi turunan, di antaranya usaha pengolahan.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280