Terbukti Korupsi, Pejabat Dispora Diberhentikan Tidak Hormat

Bupati Jember Hendy Siswanto saat menggelar konpers pemberhentian Bagus Wantoro | Foto: Guntur
Bupati Jember Hendy Siswanto saat menggelar konpers pemberhentian Bagus Wantoro | Foto: Guntur
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM – JEMBER – Bupati Jember Hendy Siswanto memberhentikan secara tidak hormat pejabat fungsional Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jember, Ir. Bagus Wantoro.

Menurut Hendy, yang bersangkutan telah terbukti bersalah dan berkekuatan hukum (inkracht) melakukan tindak pidana korupsi proyek DAK tahun anggaran 2010 saat masa pemerintahan mantan Bupati Jember MZA. Djalal.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Hendy juga menerangkan, pihaknya telah mendapatkan salinan putusan kasasi nomor 1406K/PID.SUS/2015 yang diputuskan oleh Mahkamah Agung, 02 Mei 2016 lalu.

Berita Menarik Lainnya:  Dua Bandit Digeprek Warga Hingga Babak Belur

“Kamis kemarin (06/01/2022) telah kami terbitkan Surat Keputusan Bupati Jember berupa pemberhentian secara tidak hormat kepada saudara Bagus Wantoro yang dinyatakan bersalah atas kasus korupsi,” ungkap Bupati Hendy dalam konferensi pers di Pendopo Wahyawibawagraha, Jumat (07/01/2022).

Dia menambahkan keputusan tersebut sudah sesuai dengan ketentuan terbaru, ASN yang divonis kasus korupsi dan sudah berkekuatan hukum tetap, berapapun hukumannya akan langsung diberhentikan dari status abdi negara.

Sesuai putusan Mahkamah Agung tersebut, saudara Bagus Wantoro divonis hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider 6 bulan kurungan, namun hingga berita ini dimuat, yang bersangkutan belum juga dieksekusi oleh Kejaksaan Negeri Jember.

Sebelumnya, Bagus Wantoro dilantik bersama 153 pejabat lainnya. Sebagai pejabat fungsional Analis di Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jember pada Jumat (31/12/2021).

Berita Menarik Lainnya:  Mini Zoo Terinspirasi Jokowi, Grand Opening Dihadiri Bupati dan Wabup

Namun pelantikan Bagus mendapatkan komplain dari berbagai pihak karena dia berstatus tersangka korupsi.

Pos terkait