Pemuda Kreatif KOPRAL Sejukkan Desa Bangkalaloe

Kegiatan komunitas KOPRAL membuat Kue | Foto: Zulkifli
Kegiatan komunitas KOPRAL membuat Kue | Foto: Zulkifli
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM – JENEPONTO – Kehadiran Komunitas Pemuda Kreatif (KOPRAL) Bangkalaloe memberi kesejukan tersendiri bagi pemerintah dan warga Desa Bangkalaloe Kecamatan Bonto Ramba Jeneponto.
Komunitas KOPRAL ini menyatu bersama masyarakat dan turut menyukseskan program pembangunan desa untuk peningkatan SDM dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan sosial.

Syamsiah Saat, Kepala Desa Bangkalaloe, mengatakan itu menyusul aktivitas Kopral di berbagai bidang.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Syafriadin Saad Lolo – Pembina KOPRAL, menjelaskan latar belakang berdirinya Kopral berangkat dari pemikiran mendayagunakan potensi pluralitas pemuda-pemudi setempat yang berbagai macam potensi dan skil yang dimiliki.

Berita Menarik Lainnya:  Kades Lentu Genjot Pembangunan dan Bayar Janji

Kopral berkeinginan mewadahi mereka dalam sebuah lembaga yang berbadan hukum yang konstitusional.

Salah satu tujuan pendirian lembaga bertujuan salah satunya untuk mengeliminir konflik horizontal antar kelompok, yang memiliki egosentris wilayah dan fanatisme kelompok.

Tak kalah penting dari itu adalah bagaimana pemuda-pemudi dengan adanya lembaga ini, tumbuh kecintaan akan tradisi dan budaya yang mulai kikis tergilas zaman dan prahara millenial.

“Kita juga ingin menumbuhkan kembali nilai-nilai lokal wisdom dan bergerak dalam kanalisasi gairah dinamika pembangunan yang positif dan konstruktif,” ujarnya.

Kegiatan Komunitas KOPRAL dalam menjahit pakaian
Kegiatan Komunitas KOPRAL dalam menjahit pakaian

Sekaligus membangun kesadaran kritis akan pentingnya tanggungjawab pemuda sebagai generasi penerus bangsa.

“Baru – baru ini Kopral mendapat bantuan senilai Rp50 Juta dari Kemensos untuk penguatan kearifan lokal, meredam faham radikalisme dan konflik sosial serta penguatan ekonomi kerakyatan. Bantuan telah kami maksimalkan untuk pembelian alat sanggar seni, penjahitan, alat cetak kue, alat print dan foto kopi Sehingga menambah income Kopral dengan inovasi program lainnya,” ujarnya.

Berita Menarik Lainnya:  Kajari Jeneponto: "Kasus Diknas dan Rumah KAT jadi Skala Prioritas"
Kegiatan Komunitas KOPRAL dalam menampilkan seni tari
Kegiatan Komunitas KOPRAL dalam menampilkan seni tari

“Bantuan Kementerian Sosial ini untuk mengapresiasi kegiatan sosial Kopral di Bangkalaloe,” ujar Asdar, Ketua Kopral Bangkalaloe, kepada Beritabangsa.com, Selasa (11/01/2022).

Asdar menambahkan koordinasi dengan pemerintah desa sangat terjalin baik.

“Ibaratnya mereka selaku orangtua kami, pembimbing dan penasehat yang mana kita bersinergi demi pembangunan dan kemajuan Desa Bangakalaloe,” pungkasnya.

Pos terkait