Ini Lho Rek ! Resep Gubernur Khofifah Rawat Persatuan dan Kesatuan

Gubernur Jatim Khofifah saat menghadiri perayaan Natal bersama TNI-Polri, ASN dan Masyarakat Tahun 2021 di Gedung Mahameru Mapolda Jatim, Jumat (14/1/2022) | Foto: Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jatim Khofifah saat menghadiri perayaan Natal bersama TNI-Polri, ASN dan Masyarakat Tahun 2021 di Gedung Mahameru Mapolda Jatim, Jumat (14/1/2022) | Foto: Humas Pemprov Jatim
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM – SURABAYA – Merawat persatuan, kesatuan bangsa dengan banyak suku, ras, budaya dan adat bukanlah mudah. Namun, Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim ini punya resep.

Resep itu dia praktikkan selama ini sehingga daerah di Jawa Timur, dan kondusivitasnya berjalan normal. Tidak sekadar teori. Tapi juga praktik.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Di setiap pertemuan masyarakat, pejabat, Menteri, hingga tamu yang datang ke gedung negara Grahadi, Khofifah tak lupa melakukan apa yang diyakininya sebagai ilmu menjaga persatuan dan kesatuan.

Khofifah pun berbagi resep. Apa resep itu. Kalau chef juru masak resep itu disimpan dan mahal, tapi sebagai Gubernur pemimpin tertinggi Jawa Timur, Khofifah dengan enteng membagikannya.

Berita Menarik Lainnya:  Wuiik...! KPK Tangkap Hakim, Panitera dan Pengacara di PN Surabaya

Kunci utama dan resep utama dalam merawat dan menumbuhkan sikap toleransi sebagai wujud menjaga persatuan di tengah pluralisme dan keberagaman di tanah air dia bagikan.

Menurut Khofifah, semua umat beragama harus mengedepankan mutual understanding, mutual respect, mutual trust yang artinya saling mengerti, saling menghargai dan saling percaya.

Nah ketiga hal tersebut harus terus dibangun guna memberikan kesejukan kepada masyarakat.

“Resep lainnya adalah mensyukuri berbagai perbedaan itu sebagai sebuah rahmat yang diturunkan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa kepada Bangsa Indonesia,” ujarnya.

Demikian disampaikan Khofifah saat menghadiri perayaan Natal bersama TNI-Polri, ASN dan Masyarakat Tahun 2021 di Gedung Mahameru Mapolda Jatim, Jumat (14/1/2022).

Khofifah menegaskan, di tengah perbedaan itu maka semua warga negara dituntut untuk mampu saling membangun toleransi satu sama lain. Dengan toleransi, kata dia, maka harmoni dapat senantiasa tercipta.

Berita Menarik Lainnya:  Satreskoba Polres Lumajang Tangkap Terduga Pelaku Narkotika

Dalam perayaan Natal dan Tahun Baru digelar dengan protokol kesehatan yang ketat itu, Khofifah mengungkapkan kegiatan ini menjadi bukti tingginya upaya membangun persaudaraan antar umat beragama di Jatim.

Kegiatan ini menjadi momentum untuk membangun sekaligus memberi penguatan persaudaraan dengan tulus ikhlas.

Tak hanya itu, kegiatan seperti ini juga mengajarkan kepada seluruh umat untuk senantiasa membangun cinta kasih diantara ummat sesama.

“Dengan memiliki modal cinta dan persaudaraan diantara sesama, kita tidak akan mudah dimasuki hal-hal negatif yang dapat memecah persaudaraan intern dan antar umat beragama,” terangnya.

Khofifah dalam kegiatan itu berterima kasih kepada seluruh undangan yang hadir baik jajaran TNI-Polri-ASN yang telah bersama sama menjaga dan mewujudkan rasa persaudaraan dengan tulus ikhlas antara lain melalui kegiatan bersama.

Berita Menarik Lainnya:  Ketua PWI Jatim Angkat Bicara Soal Kadisdikbud Pasuruan 'Jagoan'

“Persaudaraan dengan tulus ikhlas ini saya yakin akan menjadi perekat ibu pertiwi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Natal 2021 yang digelar di Mapolda Jatim ini mengambil tema “Melalui Natal 2021 Kita Wujudkan Cinta Kasih Kristus Melalui Persaudaraan yang Tulus Ikhlas dalam Menjalankan Tugas.”

Adapun rangkaian perayaan Natal 2021 ini adalah bhakti sosial di panti asuhan hingga donor darah TNI – Polri bersama para ASN.

Turut hadir, antara lain Pangdam V Brawijaya, Wakapolda Jatim Brigjen Slamet Hadi, Dankodikopsla Laksma Oktavianus Budi, Kapoksahli Koarmada II Laksamana Eko, Kasgartap III Surabaya Brigjen TNI (Mar) Much Sulchan, dan beberapa kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim.

Pos terkait