Bupati Asahan Lantik 53 ‘Kabinetnya’

Suasana pelantikan di Kabupaten Asahan, Jumat (14/1/2022) | Foto: Surya
Suasana pelantikan di Kabupaten Asahan, Jumat (14/1/2022) | Foto: Surya
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM – ASAHAN – Bupati Asahan H. Surya, BSc, melantik jajaran ‘kabinet’ -nya. Sebanyak 13 pejabat pimpinan tinggi pratama, 24 jabatan administrator dan 16 jabatan pengawas dilantik di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Jumat (14/1/2022).

Bupati Asahan Haji Surya, mengatakan, pelantikan ini untuk mengisi jabatan kosong, dan rotasi. Untuk mengisi itu dilakukan open biding dengan Uji Kompetensi bagi pejabat tinggi pratama.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Tentu saja hasilnya adalah rekomendasi dari panitia seleksi, dan masukan, serta pertimbangan dari badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (baperjakat).

“Ini telah memperoleh rekomendasi dari Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara antara lain, Surat Nomor B-3216/KASN/09/2021 tanggal 20 September 2021 hal rekomendasi hasil uji kompetensi PPT Pratama dalam rangka mutasi/rotasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan dan Surat Nomor B-3957/KASN/11/2021 tanggal 8 November 2021 hal rekomendasi perubahan hasil uji kompetensi dan hasil evaluasi kinerja PPT Pratama dalam rangka mutasi/rotasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan,” beber Bupati Asahan.

Berita Menarik Lainnya:  Bupati Asahan Genjot Vaksinasi Anak Siapkan Generasi Emas

Selanjutnya Surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-135/KASN/01/2022 tanggal 12 Januari 2022 dalam hal rekomendasi hasil uji kompetensi PPT Pratama dalam rangka mutasi/rotasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan menegaskan pengisian jabatan tinggi pratama yang lowong dilakukan selektif terbuka dan kompetitif memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas serta persyaratan lain.

Hal itu juga telah memperoleh rekomendasi dan Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-4837/KASN/12/2021 tanggal 29 Desember 2021 hal rekomendasi hasil seleksi terbuka JPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan.

“Selaku pembina kepegawaian, saya berwenang menetapkan pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian seorang ASN dalam suatu jabatan pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas, sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Berita Menarik Lainnya:  Kapoldasu Tinjau Vaksinasi di Asahan

Meski demikian pihaknya mengaku masih melakukan pertimbangan pada objektivitas, kepangkatan, kompetensi, kinerja dan pengalaman tanpa membedakan gender, suku, agama, ras dan golongan, yang tentunya sejalan dengan rekomendasi Tim Penilai Kinerja Kepegawaian.

Sekaligus menjelaskan bahwa proses pengambilan keputusan dalam pembinaan manajemen dan karier pegawai sepenuhnya mengacu pada Undang-undang berlaku berasaskan merit sistem.

Untuk jabatan administrator dan pengawas dilaksanakan melalui pertimbangan Tim Penilai Kinerja Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Asahan.

Penilaian dilakukan komprehensif bagi yang memenuhi persyaratan untuk diangkat. “Banyak pertimbangan bagi saya dalam mengangkat saudara pada suatu jabatan administrator dan pengawas,” tukasnya.

Bupati berharap seluruh pejabat yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan baik pada lini Jabatan Pimpinan Tnggi Pratama, Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas, dapat memahami sepenuh hati nilai-nilai dan cita-cita luhur dalam visi misi Asaha,yakni, “Masyarakat Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.”

Berita Menarik Lainnya:  Sosialisasi Empat Pilar, Rahmat Muhajirin: Pelajaran PMP Harus Dihidupkan Kembali

Terakhir, Bupati Haji Surya, berpesan agar pejabat yang dilantik memedomani 3T (Tertib dalam administrasi, tertib dalam anggaran, tertib dalam bertugas) dalam melaksanakan setiap tugas pokok dan fungsi saudara.

“Dengan memedomani 3T itu kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten Asahan terutama perangkat daerah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat akan tinggi,” tegasnya.

Pelantikan kali ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Pembangunan dan Perekonomian, Asisten Administrasi Umum, OPD, Camat, Ketua TP PKK Asahan dan Ketua Dharma Wanita Asahan, dan Camat.

Sekadar diketahui, pelantikan 13 Pimpinan Tinggi Pratama ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Asahan nomor 7 BKD tahun 2022. Untuk 24 Jabatan Administrator dan 16 Jabatan Pengawas berdasarkan Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 5.4-BKD-tahun 2022.

Pos terkait