Belanja ke Tetangga Sendiri, Cara BUMDes Karya Sejahtera Bangkitkan Ekonomi Rakyat

Direktur BUMDes Karya Sejahtera Hari Setyo bersama Ketua RW 009 Agus Budiono dan Ketua RT 003 Narno Purnomo saat mengunjungi Bazar di Taman Pondok Legi Desa Pepelegi Kecamatan Waru Sidoarjo | Foto: Muhaimin
Direktur BUMDes Karya Sejahtera Hari Setyo bersama Ketua RW 009 Agus Budiono dan Ketua RT 003 Narno Purnomo saat mengunjungi Bazar di Taman Pondok Legi Desa Pepelegi Kecamatan Waru Sidoarjo | Foto: Muhaimin
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM – SIDOARJO – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Sejahtera Desa Pepelegi, Waru, Sidoarjo menggelar bazar produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah, untuk membangkitkan usaha rakyat di masa pandemi Covid-19.

Bazar yang digelar di Perumahan Taman Pondok Legi RW 009 ini menampilkan beragam produk industri rumah tangga yang diikuti sekitar 40 tenan UMKM.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Direktur BUMDes Karya Sejahtera, Hari Setya mengatakan Bazar ini pertama kali digelar, tujuannya untuk membangkitkan UMKM dan sekaligus menjadi ajang silaturahmi antar warga.

Berita Menarik Lainnya:  Jukir Sidoarjo Minta Nasibnya Diperhatikan

“Meskipun Bazar ini Perdana kita adakan. Ternyata animo masyarakat sangat bagus ada sekitar 40 tenan pedagang hari ini dan banyak juga yang sudah habis dagangannya,” kata Hari saat ditemui di lokasi, Minggu (09/01/2022).

Hari menambahkan ke depan tak menutup kemungkinan Bazar seperti ini akan tetap digelar secara bergilir setiap RW di Desa Pepelegi.

“Pemberdayaan ekonomi lokal seperti ini ke depan akan tetap kita gelar, mungkin kita gilir tiap RW agar warga juga saling mengenal,” imbuhnya.

Sementara Agus Budiono Ketua RW 009, awal mula digelarnya Bazar ini karena adanya informasi bahwa dilingkungan RW 009 banyak pelaku UMKM yang selama ini pemasarannya melalui online.

Berita Menarik Lainnya:  Tekan MoU Dengan Tiga Instansi, Bupati Salwa : Ini Akselerasi Bondowoso Melesat

Akhirnya pihak RW berkoordinasi dengan BUMDes untuk menjembatani hal tersebut dengan mengelar Bazar UMKM rakyat.

“Dari situ kita berinisiatif untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli biar saling kenal, dengan memakai selogan “Belanja ditetangga sendiri” dengan harapan bisa meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM di RW 009 ini,” jelasnya

Hal senada juga dikatakan Narno Purnomo Ketua RT 03, dia mengatakan kegiatan positif ini selain meningkatkan ekonomi lokal juga mempererat rukun tetangga.

“Hal seperti ini harus terus digalakkan, selain meningkatkan ekonomi tentu sesama warga akhirnya saling support dengan usahanya,” kata Narno.

Kegiatan itu disambut baik oleh pelaku usaha, salah satunya Djuwita, sebagai warga dirinya mengaku senang meski bukan asli pedagang, keahliannya dalam membuat kue menjadi berkah tersendiri dalam Bazar tersebut.

Berita Menarik Lainnya:  Tak Ada Biaya, Jenazah Tersandera Wabup Sidoarjo Turun Tangan

“Yang pasti senang ya sebagai warga, meski bukan asli pedagang saya hari ini jualan kue durian buatan sendiri Alhamdulillah bisa jadi tambahan pemasukan. Semoga Bazar seperti ini terus ada minimal satu bulan sekali lah agar warga juga saling mengenal,” harap Djuwita.

Pos terkait