11 Desa Gelar Sosialisasi SDGs Desa dan Bimtek, 410 Enumerator se-Kecamatan Tenggarang siap melaksanakan Pendataan SDGs Desa

Silahkan Share ke :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Beritabangsa.com, Bondowoso – Desa merupakan wilayah yang kecil namun sangatlah penting keberadaannya di Republik ini, posisi desa sebagai bagian dari birokrasi nasional, posisi masyarakat sebagai bagian kewarganegaraan Indonesia, dan ekosistemnya sebagai bagian ekosistem lebih luas, maka substansi pembangunan di desa juga kompleks.

Pada posisi inilah SDGs dibutuhkan untuk diimplementasikan ke desa. Yaitu membangun desa dengan isi yang total, namun dapat dikendalikan pada wilayah dan warga yang terbatas. Artinya, peluang keberhasilan penerapan SDGs pada satu desa, pada masing-masing desa, menjadi maksimal. Ini berita gembira bagi upaya implementasi SDGs di lapangan. SDGs Desa adalah upaya terpadu Pembangunan Desa untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Pelokalan SDGs sebagai SDGs Desa mencakup seluruh aspek pelokalan yang sudah pernah dilakukan. Seluruh tujuan dalam SDGs yang telah diindonesiakan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, selanjutnya dilokalkan ke level desa dalam SDGs Desa.

Berita Menarik Lainnya:  Naskah Akademik Atur Jarak Antar Toko Modern, Perda Nomor 5 Tahun 2020 Berubah di Pansus

Hal tersebut terus disosialisasikan di berbagai tingkat desa, Salah satunya yang dilaksanakan oleh Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) di Kecamatan Tenggarang. Dimulai sejak tanggal 1-8 April 2021.

Fiqi Abdillah A selaku Pendamping Desa Pemberdayaan kecamatan Tenggarang menyampaikan SDGs Desa adalah amanah Menteri Desa yang tertuang dalam Permendes PDTT nomor 21 tahun 2020 yang tidak hanya wajib untuk dilaksanakan namun juga penting untuk diaplikasikan sebagai instrumen untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan Desa, agar hasil dr pembangunan Desa dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat dengan tepat dan berkelanjutan.

sosialisasi tersebut juga dilakukan dalam rangka melakukan pembekalan pendataan SDGs Desa untuk enumerator. Kegiatan ini diselenggarakan oleh kelompok kerja (pokja) desa Pendataan SDGs Desa dg narasumber TPP Kecamatan Tenggarang.

Berita Menarik Lainnya:  Daftar 10 Proyek di Bondowoso Dengan Harga Dibawah 80 Persen

“Ada 11 desa di Kecamatan Tenggarang yang sedang kami berikan sosialisasi dan sekaligus pembekalan pendataan SDGs Desa” Tambah Fiqi.

Selebihnya adalah untuk membekali para enumerator dalam melaksanakan pendataan SDGs Desa agar mendapatkan data yang valid dan objektif berdasarkan aspek kewilayahan desa dan aspek kewargaan desa, Sehingga dalam menentukan program kegiatan desa pada saat proses perencanaan pembangunan desa dapat lebih terfokus dan hasil pembangunannya dapat lebih dirasakan oleh masyarakat desa hingga lapisan yang paling bawah.

Kepala Desa Koncer Kidul Musawir dalam sambutanya menyampaikakn
“Pendataan SDGs Desa ini menjadi starting poin dalam mewujudkan desa tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, layak air bersih dan sanitasi, berenergi bersih dan terbarukan, infrastruktur dan inovasi sesuai kebutuhan. Warganya sehat dan sejahtera, menerima pendidikan berkualitas, tak ada lagi diskriminasi pada perempuan, menumbuhkan ekonomi merata, serta masyarakat yang peduli pada lingkungan.”

Berita Menarik Lainnya:  Korban yang Terbawa Arus Banjir di Bondowoso Kini Ditemukan

Pembekalan digelar dengan memberikan bimbingan teknis pendataan partisipatoris, secara manual (offline) dan melalui aplikasi pendataan SDGs Desa (online) di masing-masing desa se-Kecamatan Tenggarang.

Kontributor : Moh. Andi
Publisher : Ali Wafa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *