Ijin Edar Belum Selesai, Produk Ijen Water Tak Bisa Masuk Toko Modern

Berita Utama Peraturan dan UU
Silahkan Share ke :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Beritabangsa.com, Bondowoso – Ijin edar produk milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Ijen Water belum selesai, hingga sampai saat ini belum bisa masuk ke toko modern.

Meskipun saat ini, Pemkab gencar menggaungkan agar produk lokal merambah toko swalayan melalui Perda Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Rakyat,q yang wajib menyediakan 20 persen (dua puluh perseratus) dari etalase/outlet yang tersedia.

Bagian keuangan PDAM Kabupaten Bondowoso, Rosida mengatakan, sampai saat ini belum ada produk AMDK Ijen Water yang masuk toko modern karena masih proses pengurusan ijin edar di pasar modern.

“Kita menuju ke sana. Sekarang ini sedang diaudit dan melakukan pembenahan,”katanya saat dikonfirmasi, Rabu (24/3/2021).

Berita Menarik Lainnya:  DPD Askonas Jatim Gelar Musda III

Selain itu kata dia, juga sudah dilakukan uji lab air sebanyak tiga kali. Serta sudah ada sertifikasinya.

“Hasil sertifikasinya sangat memuaskan. Hasil auditnya masuk tipe I. Namun hasilnya belum resmi,” jelasnya.

Untuk penjualan, kata Rosida, pada Tahun 2020 produk AMDK Ijen Water menurun drastis karena pandemi Covid-19. Bahkan penurunannya mencapai 70 persen. Padahal PDAM sendiri menargetkan hasil penjualan hingga 4 miliar.

“Sebab permintaan dari sekolah, pesantren libur, jadi menurun drastis. Tahun 2019 mancapai Rp 2,2 miliar, sekarang (2020,red) hanya terealisasi Rp 1,1 miliar,”ungkapnya.

Berdasarkan informasi dari salah satu toko modern di Bondowoso, produk di toko swalayan yang mengharuskan 20 persen produk lokal. Baru 5 item produk lokal yang masuk. Itu pun tidak ada produk AMDK Ijen Water PDAM Bondowoso.

Berita Menarik Lainnya:  Sosialisasi PBB-P2, Pemkab Bondowoso Target Kembali Pertahankan PBB Capai 100 Persen

Reporter : Muslim
Publisher : Ali Wafa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *