Ubi Madu Pandu Tani 12, Tuai Apresiasi Dari Dinas Pertanian Provinsi

Silahkan Share ke :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bondowoso, Beritabangsa.com – Ubi madu yang di tanam oleh kelompok tani pandu 12 menuai apresiasi dari Dinas Pertanian Jawa Timur. Hal tersebut disampai oleh menteri tani Kecamatan Binakal, Ahmad Badrul Munir, saat dikonfirmasi, Kamis, (24/9/2020).

Kehadiran Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur ke bumi ki ronggo dalam rangka monitoring pertanian ubi madu dengan terjun langsung ke lahan kelompok tani pandu tani 12 yang berada di Desa Jeruk Sok-sok Kecamatan Binakal.

“Iya, tadi itu kegiatan memonitor pertanian, khususnya bidang tanaman pangan dan ubi ubian langsung ke lahan petani, yakni ubi jalar,” ujar mas munir, (sapaan akrabnya,red).

Berita Menarik Lainnya:  Jaga Ketahanan Pangan Ditengah Pandemi, Pemkab Bondowoso Panen Raya Jagung Hibrida

Menurut Munir, dalam monitoring ke lahan petani tersebut, Dinas Pertanian Provinsi mengaku sangat puas dengan apa yang dihasilkan oleh kelompok tani pandu tani 12 tersebut.

“Alhamdulillah, perwakilan dari Distan Provinsi sangat puas dan bangga terhadap kinerja kelompok tani disini. Hasil pertanian ubi madu luar biasa,” terangnya.

Dari monitoring tersebut, kata Munir, tanaman ubi-ubian dari jenis ubi jalar itu mempunyai potensi yang besar.

“Potensinya luar biasa, lahan di Jeruk soksok ini bisa mencapai 25 ton perhektarnya,” imbuhnya.

Dinas Pertanian Bondowoso berharap agar potensi tersebut bisa dipertahankan bahkan dikembangkan.

“Sehingga, bukan hanya bentuk dukungan lisan saja, tapi memberikan kemudahan apa yang dibutuhkan oleh petani dimasa yang akan datang. Misalnya mesin kultivator, alat membentuk bedengan agar mempermudah para petani dalam bekerja. Bukan hanya itu tapi juga alat pasca Panen, yakni peralatan pembuatan carang mas,” ujarnya.

Berita Menarik Lainnya:  Tempat Favorit di Jombang, Menjadi Destinasi Ngabuburit

Sementara itu, Ketua kelompok tani, pandu tani, Achmad Efendi, mengatakan sangat berterima kasih, atas monitoring langsung dari Dinas Pertanian Bondowoso dan Provinsi.

“Terima kasih, semoga kedepannya selalu ada bimbingan dan uluran dari pemerintah pada petani ubi madu,” ucapnya singkat.

 

Reporter : Muslim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *